Gambar

Gambar
SELAMAT MEMBACA,HATAMUEI LINGGU NALANTAI HAPANGAJA KARENDEM MALEMPANG

14 July 2014

KEBUN RAYA KATINGAN

Penanaman Pohon Di Kebun Raya

K
alimantan adalah pulau yang indah untuk dikunjungi karena memiliki keanekaragaman flora yang tinggi. Oleh sebab itu tak heran jika terdapat banyak tumbuhan endemis serta langka termasuk tumbuhan buah , berkayu dan tumbuhan perdu ada diwilayah ini. Jika Anda ingin mengunjungi salah satu objek wisata ilmiah Kalimantan secara ex-situ dalam bentuk kebun raya, saat ini sedang dibangun sebuah kebun raya, Kebun Raya Katingan dengan luas kawasan 127 ha, yang berlokasi dikawasan bukit batu di Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Propinsi Kalimantan Tengah. Selain dikenal sebagai kawasan wisata situs sejarah, Bukit Batu juga dikenal masyarakat Kalimantan Tengah sebagai tempat pertapaan Tjilik Riwut, seorang pahlawan nasional yang juga tokoh pembangunan Propinsi Kalimantan Tengah.

Situs Bukit Batu ini juga merupakan tempat untuk ritual ibadah bagi umat agama Kaharingan yang banyak dianut oleh masyarakat Dayak di Katingan. Kebun Raya Katingan mulai dibangun setahun setelah ditandatanganinya MoU antara LIPI dan Pemda Kabupaten Katingan pada tahun 2005 mengenai pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pendayagunaan sumber daya di Kabupaten Katingan. dikebun Penanaman perdana koleksi dilakukan pada bulan November 2009 sebanyak sekitar 2000 bibit dan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Tengah, pada saat itu juga dilakukan penanaman tumbuhan pengarah jalan.
Peta Kebun Raya

Hingga akhir Bulan Februari 2013 ini, jumlah koleksi tertanam sebanyak 60 jenis, 779 spesimen dengan tanaman di pembibitan sebanyak 450 jenis, 3.968 spesimen, sedangkan perkembangan infrastruktur di Kebun Raya Katingan diantaranya telah tersedia : Kantor pengelola, rumah singgah, pembibitan, gudang dan tower air dengan aset yang dimiliki diantaranya 8 mesin rumput, 1 traktor dan 1 genset. Dalam perkembangan selanjutnya area Kebun Raya Katingan akan dibagi menjadi beberapa sub-zone diantaranya area konservasi untuk tumbuhan lokal, buah-buahan, area konservasi untuk tumbuhan koleksi Indonesia khususnya tumbuhan buah tropis khusus Kalimantan.

No comments: