Gambar

Gambar
SELAMAT MEMBACA,HATAMUEI LINGGU NALANTAI HAPANGAJA KARENDEM MALEMPANG

14 July 2014

KONDISI WISATA PAGATAN KAB. KATINGAN


P
egatan adalah nama ibukota kecamatan Katingan Kuala yaitu kecamatan yang berada dikabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah Indonesia. Pegatan merupakan salah satu dari 13 kecamatan lain yang berada kabupaten Katingan  yang memiliki posisi sangat strategis sebagai pintu gerbang perekonomian khususnya untuk regional sungai Katingan. Berada pada posisi 113 051-113 0 20 1 BT dan 30161 LU Pegatan merupakan desa yang terapit sungai, laut dan pulau. Sangat menarik memang karena letaknya yang berada dibibir pulau Borneo ini berbatasan langsung dengan laut Jawa , sungai Katingan dan pulau kecil yang bernama pulau Damar.
Sebagai kecamatan yang memiliki potensi besar Katingan Kuala diharapkan bisa memaksimalkan beberapa sektor perekonomian seperti perikanan yang memiliki potensi usaha tambak ikan, pangkalan pendaratan ikan  dan pengolahan hasil perikanan dan hasil laut seperti misalnya kerupuk udang dan ikan kering. Pengelolaan hasil laut yang dilakukan secara home industry seperti kerupuk udang dan kerupuk ikan, serta budidaya ikan kering Telang, Sepat, Sembilang, Panting,Tenggiri dan lain lain.  Sebenarnya potensi ini sangat menjanjikan tetapi mungkin karena faktor geografis yang non transportasi darat distribusi produk tersebut menjadi kendala yang berarti.

Secara ekonomi sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang mumpuni cukup bagi warga Pegatan untuk mendongkrak perekonomian yang sempat terpuruk pasca berlakunya illegal loging dan pembalakan hutan didaerah Kalimantan, tetap karena faktor teknis dilapangan khususnya ketika pendistribusian produk keluar daerah menjadi kendala bagi sebagian besar penduduk pegatan . Semoga ini menjadi catatan perencaanan pembangunan daerah provinsi kalimantan tengah khusunya untuk pemerintah kabupaten katingan.

No comments: