Gambar

Gambar
SELAMAT MEMBACA,HATAMUEI LINGGU NALANTAI HAPANGAJA KARENDEM MALEMPANG

12 July 2014

UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA UMAT HINDU MELALUI PENDIDIKAN

Anak-Anak Hindu Kaharingan Belajar Menari

T
ampaknya perhatian kepada pentingnya pendidikan saat ini menjadi sangat penting, mengingat tuntutan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang semakin tinggi. Demikian juga halnya dengan umat Hindu Kaharingan dituntut juga untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya untuk menghadapi persaingan hi dup yang semakin tinggi di abad 21 ini. Peningkatan kualitas sumber daya manusia hindu kaharingan dapat dimulai dengan merobah pola pikir lama yang memandang bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang sangat penting karena hanya menghabiskan biaya saja dan setelah selesaipun belum tentu mendapatkan pekerjaan. Persepsi seperti ini sangat keliru sekali, apalagi bila kita melihat tingkat persaingan dalam memperoleh pekerjaan maupun jabatan baik itu dari pemerintah (Pegawai Negeri Sipil/PNS) maupun di swasta masa sekarang yang semakin tinggi, dimana yang pertama-tama dicari orang adalah tingkat pendidikan, nilai minimal yang ditentukan sekian dan pengalaman kerja. Sehingga investasi dibidang pendidikan lebih penting bila kita menginvestasikan harta kita pada benda-benda materi, karena hasil pendidikan berupa ilmu pengetahuan ini akan kita gunakan seumur hidup. 

Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia ini terdiri dari dua yaitu : sumber daya fisik dann sumber daya non fisik. Fisik adalah kesehatan dan kebugarann tubuh. Non fisik adalah “kesehatan/kesempurnaan” spiritual dan intelektual. Dimana sumber daya fisik maupun non fisik ini dapat kita peroleh melalui proses pendidikan. Sumber daya manusia ini merupakan hal yang utama, dibandingkan sumber daya yang lainnya seperti Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya modal (SDMod) dan lain-lainnya. Karena tanpa SDM, maka SDA dan SDMod tidak ada artinya dan tidak dapat dimaksimalkan hasil gunanya. Selain pendidikan merupakan cara kita untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pendidikan juga merupakan ibadah bagi kita. Sehingga umat hindu secara pribadi maupun  bersama harus meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan tekknologi secara kontinyu melalui kegiatan membaca, berwacana dan melakukan inovasi sebagai bentuk kecintaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi agar pepatah masyarakat Dayak yang berbunyi “Tempun Petak Nana Sare tempu Kajang Bisa Puat” tidak terjadi dalam kehidupan umat Hindu Kaharingan di kalimantan Tengah khususnya. Karena selama ini kita selalu bertanya kenapa selalu orang lain atau orang luar yang dapat duduk pada posisi penting baik di pemerintahan maupun sektor swasta sedangkan kita tidak. Kita tidak menyadari apakah selama ini kita sudah berusaha seperti yang lainnya misalnya mempersiapkan diri dalam hal penguasaan pengetahuan dan ketrampilan yang merupakan tuntutan dari dunia kerja khususnya. Seluruh kegiatan kerja akan mencapai  ilmu pengetahuan dan teknologi pelaksanaan kerja tidak akan terarah. Namun disini perlu diingatkan bahwa pengusaan ilmu pengetahuan dan teknologi ini harus dilandasi Bhakti (taqwa), karena akan sangat membahayakan kelangsungan kehidupan jika pelaksanaan kerja, pengetahuan dan bhakti tidak seimbang.

Umat Hindu Kaharingan secara kuantitas memang minoritas, tetapi bukan berarti kita juga harus menjadi minoritas dalam hal kualitas sumber daya manusianya. Disini perlu kita bersama-sama berusaha untuk menigkatkan kualitas sumber daya manusia kita, salah satu caranya dengan berperan aktif dalam hal pendidikan. Semua komponen, baik itu orang tua, generasi muda Hindu dan para toko umat bertanggung jawab dalam menanamkan kepada anak dan generasi muda Hindu Kaharingan tentang pentingnya pendidikan. Selain itu bagi umat Hindu Kaharingan yang memiliki tingkat ekonomi yang lebih baik dapat membantu memberikan sumbangan berbentuk beasiswa bagi para siswa Hindu Kaharingan yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk memperoleh pendidikan, sehingga terjadi pemerataan pendidikan bagi umat Hindu Kaharingan yang juga akan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas sumber daya Umat Hindu Kaharingan yang lebih baik.

(Oleh : Nali Eka, S.Ag, Msi)

No comments: